Beranda > PENDIDIKAN > STRATEGI PEMBELAJARAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

Bagaimana upaya seorang pendidik dalam mencapai tujuan pendidikan?

Seorang pendidik tentu harus mempunyai visi, misi dan tujuan yang jelas terlebih dahulu, kemudian barulah seorang pendidik mengikuti proses yang ada, proses disini artinya pendidik tersebut menggunakan beberapa cara atau langkah-langkah khusus yang denganya beberapa perubahan ditimbulkan hingga tercapainya hasil-hasil tertentu, perubahan dan hasil-hasilnya tersebut tentu yang berorientasi kearah yang lebih maju daripada keadaan sebelumnya. Pendidik juga harus mampu mengelola/memanage proses pendidikan tersebut, dalam hal ini inti dari proses pendidikan tersebut adalah proses pembelajaran dan seluruh aspek dan dimensinya, keberhasilan dalam pengelolaan proses pendidikan merupakan salah satu indikator penting dalam pencapaian tujuan pendidikan.
Kemudian yang tidak kalah penting tentu seorang pendidik harus terus belajar dan mengembangkan dirinya sehingga ilmu pengetahuan dan keterampilannya terus diperbaharui, penguasaan terhadap ilmu pengetahuannya pun akan menjadi lebih luas dan kompetitif karena hal itu akan menjadi salah satu prasyarat dan modal dasar dalam merealisasikan tujuan pendidikan.
Analisis mendalam tentang kondisi aktual serta analisis prediktif tentang kemungkinan-kemungkinan peran pendidikan dimasa yang akan datang dengan memahami trend yang sedang terjadi, merupakan upaya juga bagi seorang pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan. Karena dengan kata lain analisis situasi ini setidaknya bisa menjelaskan sejarah masa depan, hal ini jelas sangat penting agar peran pendidikan tetap terjaga, dan pada ahirnya tujuan pendidikan pun tercapai.

Kategori:PENDIDIKAN
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: